Diduga Konsleting Listrik, Madrasah di Ciemas Ludes Terbakar

Madrasah
Diduga Konsleting Listrik, Madrasah di Ciemas Ludes Terbakar. | Foto: Istimewa

Ciemas, jubirtvnews.com – Sebuah madrasah di Kampung Bojonggadog, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ludes terbakar pada Jumat dini hari (20/9/2024).

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 01.15 WIB tersebut diduga akibat korsleting listrik yang memicu arus pendek di bangunan madrasah berukuran 5 x 8 meter tersebut.

Iwan Setiawan (45), pengurus madrasah, mengaku terbangun dari tidurnya setelah mendengar suara gemuruh yang mirip dengan kebakaran.

Ketika memeriksa, ia melihat titik api yang sudah membesar di bagian atap bangunan. Iwan dan rekan-rekannya pun langsung berteriak meminta bantuan warga sekitar untuk memadamkan api dengan alat seadanya.

Baca juga: Polisi Lumpuhkan Komplotan Begal Motor Sukabumi dengan Tindakan Tegas

“Api sudah sangat besar di bagian atap. Kami coba memadamkannya dengan ember, tapi angin kencang dan keterbatasan air membuat usaha kami sia-sia. Api terlalu cepat melahap seluruh bangunan,” ujar Iwan.

Sayangnya, kondisi medan yang sulit dijangkau serta kendala jarak membuat mobil pemadam kebakaran tidak dapat segera datang ke lokasi. Para warga terpaksa berjuang sendiri memadamkan api, namun tidak berhasil menyelamatkan bangunan madrasah yang kini rusak berat dan tidak bisa digunakan lagi.

Diketahui, Madrasah ini rutin digunakan oleh ibu-ibu untuk kegiatan pengajian dan juga sebagai tempat belajar mengaji bagi anak-anak setempat. Kini, seluruh fasilitas yang ada di madrasah tersebut, termasuk meja, kursi, alat tulis, dan Al-Qur’an, habis terbakar.

“Kerugian materiil akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai Rp 85 juta. Sementara itu, saya mewakili warga berharap ada bantuan dari pemerintah daerah untuk membangun kembali madrasah tersebut agar aktivitas keagamaan dan pendidikan anak-anak bisa dilanjutkan,” tandasnya.

Baca Juga :  Tukang Bakso di Sukabumi Diserang Babi Hutan Liar, Botol Saus dan Kecap Rusak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *