Usai Manggung di Ujunggenteng, Rombongan Wayang Golek Giri Harja 3 Putra Diserang Oknum Preman di Jalan

KAB. CIANJUR
Rombongan Wayang Golek Giri Harja 3 Putra Diserang Oknum Preman.

KAB. CIANJUR, jubirtvnews.com – Kejadian tidak menyenangkan dialami rombongan Giri Harja 3 Putra Ki Dalang Yogaswara Sunandar, grup Seni Wayang Golek kenamaan asal Kabupaten Bandung, usai grup tersebut manggung Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Peristiwa penyerangan itu terjadi di Desa Balegede, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Kamis (6/6/2024) siang.

Aksi penyerangan membabi buta oleh preman bang jago itu mengakibatkan empat orang kru Giri Harja 3 Putra mengalami luka-luka akibat sabetan celurit. Mereka yang terluka adalah Joy, Bram, Udin dan manajer Giri Harja 3 Utra Aziz.

Manajer Giri Harja 3 Putra, Aziz Jaul Ramdan mengalami luka paling parah akibat sabetan celurit pelaku penyerangan. Akibatnya, tangan kiri Aziz mendapat 9 jahitan.

Baca juga: Koramil Surade Kunjungi Sekolah Terisolir di Sukabumi, Berikan Bantuan Makanan dan Motivasi

Aziz mengatakan kronologis peristiwa penyerangan itu berawal dari kesalahpahaman di jalan ketika rombongan Giri Harja 3 Putra dalam perjalanan pulang ke Kabupaten Bandung usai tampil di kawasan Ujung Genteng, Sukabumi selatan via jalur Ciwidey-Naringgul.

“Ketika itu sopir kami yang bernama Joy menanyakan ke pelaku kenapa ada tutup buka. Entah bagaimana, sempat ada cekcok. Pelaku tidak terima, dia lalu pergi,” kata Aziz pada Jumat (7/6/2024).

“Tak lama kemudian, pelaku datang lagi membawa sepuluh orang dan langsung mengamuk mencari Joy. Mereka membabi buta menyerang kami dengan membawa senjata tajam berupa celurit,” tambah Aziz.

Sebagai manajer dan penanggungjawab rombongan Giri Harja 3, Aziz ketika itu berusaha melerai dan menenangkan pelaku dan teman-temannya yang sudah tampak emosi. Namun belum juga berbicara, pelaku langsung menyerang dengan mengayunkan celurit ke arah Aziz.

Baca juga: Dihantam Batu Asahan, Ibu Rumah Tangga di Cibadak Sukabumi Alami Luka Parah

Baca Juga :  Puncak Hari Nelayan Ujunggenteng Ke-58, Tampilkan Kesenian hingga Sunatan Massal

Dengan spontan Aziz pun menangkis sabetan celurit pelaku yang diketahui berinisial UD tersebut. Namun karena hanya menggunakan tangan kosong, Aziz pun terluka cukup dalam akibat sabetan celurit pelaku.

“Saya waktu itu langsung menangkis karena pelaku langsung menyabetkan celurit. Kalau tidak ditahan pake tangan mungkin akan mengenai wajah saya. Jari tangan saya robek dijahit 9 jahitan,” ungkap Aziz.

Tak berhenti sampai disitu, pelaku yang mengenakan pakaian sebuah ormas itu kemudian terus meluapkan emosinya dengan mencari keberadaan Joy yang sebelimnya sempat terlibat cekcok dengannya. Namun Joy diselamatkan warga setempat dengan bersembunyi di sebuah warung.

“Beruntung ketika itu polisi dari Polsek Naringgul cepat datang. Mereka berusaha menenangkan pelaku dan langsung menangkapnya. Ada dua pelaku yang diamanakan di Polsek Naringgul,” jelas sang manajer.

Baca juga: Kantor Desa Gandasoli Sukabumi Nyaris Roboh, Ece Gunakan Anggaran Banprop untuk Perbaikan

Jika saja polisi terlambat datang, ia mengaku tidak membayangkan apa yang akan terjadi pada rombongannya. Bukan tidak mungkin akan muncul korban jiwa.

“Sebab saat itu pelaku sudah sangat emosi. Tidak bisa ditenangkan. Apalagi dia membawa celurit. Diantara keemapt korban luka, saya memang yang mengalami luka paling parah,” Aziz menambahkan.

Usai kejadian tersebut, Aziz dan beberapa orang kru yang mengalami luka sempat mendapatkan perawatan di Puskesmas setempat sekaligus membuat visum untuk melengkapi laporan ke kepolisian.

Ia berharap Polsek Naringgul memproses hukum pelaku dengan seadil-adilnya. Peristiwa penyerangan terhadap pelaku seni ini jangan sampi menjadi preseden buruk dan tidak sampai menimpa lagi pelaku seni mana pun.

Baca juga: Polisi Panggil Sejumlah Saksi Terkait Kasus Oknum Guru Cekik Murid SD di Sukabumi

Baca Juga :  500 Orang Terselamatkan, Usai Polres Sukabumi Ungkap 14 Kasus Narkoba

“Intinya jangan peristiwa ini sampai menimpa yang lain di masa depan. Kami apesiasi Polsek Naringgul yang gerak cepat mengamankan pelaku yang katanya memang sangat meresahkan warga itu,” ujarnya.

Pasca peristiwa penyerangan tersebut, diakui Aziz banyak pihak yang menghubunginya dan menyampaikan simpati atas kasus penyerangan terhadap rombongan Giri Harja 3 Putra. Bahkan, kata dia, banyak phak mengutuk aksi penyerangan terhadap para pelaku seni tersebut.

“Terus terang banyak juga yang marah. Tapi kami redam. Jangan sampai terjadi aksi balasan. Kami sampaikan kasus ini sudah selesai dan ditangani kepolisian. Bahkan Polda dan Mabes Polri juga sudah ada atensi karena kan Giri Harja ini sudah menasional,” tutur Aziz.*** (Candra Saputra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *