Daerah  

Pojok Baca di Ponpes Riyadus Sibyan Desa Wanasari Jadi Bukti Kerja Nyata Mahasiswa KKM Kelompok 21 STKIP Binamutiara

STKIP Binamutiara
Mahasiswa KKM Kelompok 21 STKIP Binamutiara Gelar Pojok Baca di Ponpes Riyadus Sibyan Desa Wanasari. | Foto: Candra

Surade, jubirtvnews.com – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) STKIP Binamutiara Sukabumi Kampus Dua Surade, kelompok 21 memberikan kerja nyata bagi pemerintah dan warga Desa Wanasari, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Hal tersebut terlihat saat masa akhir KKM yang dilaksanakan oleh 15 Orang mahasiswa Binamutiara dari Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) di Desa Wanasari, pada Kamis (29/8/2024).

15 orang mahasiswa tersebut terdiri dari, Topik Rismanto (PBI), Oktavya Fratama (PBI), Muhammad Umar Maulana (PBI), Muhamad Ramdani Abdul S (PJKR), Naeli Nurohman (PJKR), Samsu (PJKR), Mohamad Rahman Reza (PJKR), Wili Apriani (PGSD), Hilda Hilmeida (PGSD), Baharudien Azhari Garlan (PGSD), Dita Syifa Aulia (PGSD), Fitri Rohmatilah (PGSD), Nova Nur Islami (PGSD), Waldiansyah (PGSD), Ai Suminar (PGSD).

Pojok Baca yang terletak di Pondok Pesantren Riyadus Sibyan yang juga baru diresmikan ini merupakan bukti nyata kerja para mahasiswa KKM Kelompok 21 STKIP Binamutiara Sukabumi Kampus Dua Surade di Desa Wanasari, pada Kamis (30/8/2024).

Ketua Kelompok 21 KKM STKIP Binamutiara Sukabumi Kampus Dua Surade, Muhamad Ramdani Abdul Sukur mangatakan, Dalam kegiatan KKM ada tiga tema yang angkat, mulai dari Literasi Baca Tulis, Literasi Budaya, dan yang ketiga Literasi Fisik.

“Untuk literasi baca tulis ini kita terbagi beberapa belas, ada kelas bahasa inggris, kelas baca tulis menghitung (Calistung), dan juga melakukan beberapa pengajaran di lingkungan posko kita, dan alhamdulilah tidak pernah kurang dari 50 orang yang mengikuti kelas tambahan ini” ucapnya.

Sedangkan untuk Literasi Budaya, kelompoknya juga membagi kelas dari kelas tari, kelas, musik hingga kelas vokal. ” jadi dari 50 orang anak ini kita bagi kesemua kelas sesuai yang ada pada tema literasi kita,” tuturnya.

Baca Juga :  Paripurna Ke-3 Tetapkan Budi Azhar Ketua Fraksi Gabungan Golkar dan PAN DPRD Kabupaten Sukabumi 2024-2029

Untuk tema yang terakhir Literasi Fisik, Kelompok 21 ini di setiap hari Minggu selalu mengadakan senam pagi bersama Ibu-ibu PKK dan warga Desa Wanasari.

“Program-program selama kita KKM kita mengupayakan untuk kebermanfaatan masyarakat yang Jangkanya bukan hanya hari ini, tapi ketika kami sudah pulang ke rumah hal ini masih tetap bermanfaat untuk masyarakat,” imbuhnya.

Baca juga: Masa KKM STKIP Binamutiara Sukabumi, Buktikan Kerja Nyata di Desa Pasiripis

Sementara itu, Kepala Dusun Sindang Hayu, Desa Wanasari, Ridwan mangaku, dengan adanya mahasiswa KKM dari STKIP Binamutiara ini pihaknya sangat terbantu dan mengapresiasi setiap program yang di bawa oleh para mahasiswa.

“Sayang sangat mengucapkan terimakasih kepada ada Ade mahasiswa dari STKIP Binamutiara ini, yang tentunya sangat membantu masyarakat di desa kami, saya juga sangat mengapresiasi setiap program yang diterapkan apalagi adanya Pojok Baca yang telah kita resmikan ini, mudah-mudahan bisa terus bermanfaat bagi warga kami,” ucap Ridwan.

Usai peresmian Pojok Baca, Pimpinan Ponpes Riyadus Sibyan, Ustadz Samsul Romli, juga mengungkapkan hal yang sama, berterimakasih kepada para mahasiswa yang telah mengabdi di Desa Wanasari selama masa KKM.

“Dengan diresmikannya pojok baca ini, tentunya saya selalu pimpinan pondok pesantren sangat-sangat mengucapkan terimakasih kepada para mahasiswa yang super baik ini, mudah-mudah apa yang mereka berikan dan lakukan bisa bermanfaat bagi kita masyarakat Desa Wanasari, juga para mahasiswa ini bisa lulus dengan lancar,” terangnya.

Selain pihak Pemerintah Desa Wanasari dan pimpinan Ponpes Riyadus Sibyan, acara peresmian pojok baca ini juga di hadiri para tokoh masyarakat, Pemuda Pancasila hingga undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *