Pantai Minajaya Surade Jadi Pilot Projek Disparbud Provinsi Jabar Dalam Program Mang Kasep

Surade
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Minajaya di Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, dirikan ruang edukasi bagi para wisatawan khususnya para pelajar. | Foto: Candra

Kabupaten Sukabumi, jubirtvnews.com – Berwisata merupakan hobi setiap orang dalam menghibur diri, atau juga bisa digunakan untuk menghilangkan beban pikirin. Kabupaten Sukabumi di Provinsi Jawa Barat dikenal sebagai daerah dengan segudang tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang khas.

Salah satunya adalah kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Minajaya di Desa Buniwangi, Kecamatan Surade. Mereka mendirikan ruang edukasi di Pantai Minajaya yang bertujuan untuk memberikan edukasi bagi para wisatawan khususnya para pelajar.

Di ruang edukasi tersebut, Pokdarwis Pantai Minajaya memperkenalkan konservasi pandan laut, pengelolaan sampah, mengenal ekosistem laut, hingga eksplorasi goa Leuweung Guha dan agro wisata Leuweung Bundeuer.

Berita Video Selengkapnya:

 

Pada hari Kamis 15 Agustus 2024, Lokasi ini kedatangan Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat, untuk melakukan survei sekaligus Launching Ruang Edukasi Pantai Minajaya.

“Kami sangat apresiasi kegiatan ini karena edukasi terhadap konservasi khususnya pohon pandan laut ini sangat penting, karena dia berpungsi sebagai penahan abrasi hingga penahan angin laut ke darat,” kata Anu Widiayani, Kabi Destinasi Disparbud Provinsi Jabar.

“Kami berharap, ini bisa menjadi edukasi kepada masyarakat luas, khususnya anak-anak sekolah supaya mereka juga tau fungsi dari pohon pandan laut ini,” sambungnya.

Dengan potensi yang tinggi, Pantai Minajaya ini juga akan dijadikan Pilot Projek untuk pengelolaan sampah dalam program Mari Ngariung Kelola Sampah (Mang Kasep).

Baca juga: Latihan Terakhir Calon Paskibraka 2024 Kabupaten Sukabumi jelang HUT RI Ke 79

“Kami hari ini sedang survei untuk pengolahan sampah setempat ditempat wisata, jadi Pantai Minajaya ini akan kami jadikan pilot projek untuk pengelolaan sampah program mang kasap, di seluruh Sukabumi itu pilot projek nya kami di Pantai Minajaya,” paparnya.

Baca Juga :  Ribuan Peserta Ikuti Upacara Kemerdekaan RI Ke-79 Tingkat Kecamatan Surade

Ketua Pokdarwis Pantai Minajaya Jusup Sadam, Sangat bersyukur dengan terpilihnya Pantai Minajaya menjadi pilot projek Disparbud Provinsi Jawa Barat dalam pengelolaan sampah.

“Alhamdulillah kami dari Pokdarwis Pantai Minajaya sangat bersyukur dengan terpilihnya menjadi Pilot Projek pengelolaan sampah,” singkatnya.

Acara tersebut ditutup dengan Penanaman pohon pandan laut bersama DLH, Dispar Kabupaten Sukabumi, Pemerintah Kecamatan Surade, Kades Buniwangi, Mahasiswa STKIP Binamutiara, dan Pengelola CPUGGp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *