Daerah  

Masa KKM STKIP Binamutiara Sukabumi, Buktikan Kerja Nyata di Desa Pasiripis

STKIP Binamutiara Sukabumi
Kuliah Kerja Mahasiswa STKIP Binamutiara Sukabumi Kampus Dua Surade, kelompok 20. | Foto: Candra

Sukabumi, jubirtvnews.com – Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) STKIP Binamutiara Sukabumi Kampus Dua Surade, kelompok 20 memberikan kerja nyata bagi pemerintah dan warga Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Hal tersebut terlihat saat masa akhir KKM yang di laksanakan oleh 14 Orang mahasiswa Binamutiara dari PJKR, PGSD dan PBI di Kampung Karet Jajar, Desa Pasiripis, pada Minggu (25/8/2024).

14 orang mahasiswa tersebut terdiri dari Rio Setiawan (PGSD), Sakinah (PGSD), Yusup Maulana (PGSD), Salma Nursiva (PGSD), Irna Lestari (PGSD), Sania Rakasiwi (PGSD), Muhamad Imam (PGSD), Audy Ananda Putri Supriadi (PBI), Muhamad Fasty Saban (PBI), Aditia Hilmansyah (PBI), Bagas April Suhadi (PJKR), Mawalll Zeinidar (PJKR), Dera Perdiansyah (PJKR), Siti Syifa Nurlaeli (PJKR).

Berbaur bersama masyarakat merupakan bukti nyata mereka sukses dalam mengabdi kepada masyarakat, yang ada di Desa Pasiripis.

Ketua Kelompok 20 KKM STKIP Binamutiara Sukabumi Kampus Dua Surade, Rio Setiawan mangatakan, selama 30 hari masa KKM kelompok nya banyak mengerjakan berbagai hal mulai dari dunia pendidikan, pemerintahan hingga masyarakat.

“Pertama di dunia pendidikan kita mengajar di SD dan MD, untuk pemerintahan kita juga membantu pemerintah desa setempat yaitu Desa Pasiripis, dan untuk di masyarakat kita membuat ngampar ngajar, les bahasa inggris, pojok literasi hingga acara puncak kita mengadakan perlombaan selama tiga hari, mulai dari tanggal 23 hingga 25 Agustus 2024,” paparnya.

Baca juga: Ribuan Warga Desa Carenang Meriahkan Karnaval dan Lomba Nasi Tumpeng dalam Rangka HUT RI ke-79

“Ditanggal 25 Agustus ini, kita mengadakan Upacara Pengibaran Bendera dengan melibatkan warga masyarakat di Kampung Karet Jajar, mulai dari pemimpin upacara, Inspektur upacara hingga panduan suara,” sambungnya.

Baca Juga :  Yayasan Jampang Peduli Gelar Janmadina 5 Jampe

Usai melakukan Upacara, ditempat yang sama para mahasiswa ini juga dengan masyarakat melakukan beberapa perlombaan seperti panjat pinang, singing, hingga tangkap ikan.

Dengan keaktifannya para mahasiswa ini, tentunya mendapatkan hati dari para warga,  salah satunya yang di ungkapkan oleh Intan Nuansa, warga Kampung Karet Jajar.

“Dengan adanya mahasiswa yang KKM disini banyak sekali nilai positifnya, dimna dari segi literasi, kita disini punya pojok literasi, yang di buat mahasiswa yang dimana banyak berbagai macam buku bacaan yang disediakan,” kata Intan.

Intan juga mengungkapkan, dengan adanya mahasiswa ini sangat terasa bisa mendukung dan menyemarakkan hari peringatan 17 Agustus di Kampung Karet Jajar.

“Semoga kegiatan yang baik ini bisa terus berlanjut, dan mahasiswa tidak hanya hari ini membantu kami, apa yang di berikan mahasiswa kepada kami bisa lanjutkan di even-even selanjutnya. Untuk mahasiswa apa yang didapat dari mengabdi disini bisa diterapkan dan lebih baik,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *