Ijazah Cawabup Sukabumi Zainul Diverifikasi. Ketua KPUD Langsung Datangi 2 Sekolah di Tangerang Banten

Verifikasi Ijazah
Ketua KPUD Kabupaten Sukabumi sedang melakukan Verifikasi ijazah Zainul di SMAN 2 Tangerang Banten - Foto : Istimewa

Tangerang, jubirtvnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi mendatangi SDN Tangerang 3 dan SMAN 2 Tangerang Banten, untuk melakukan verifikasi ijazah sebagai proses persyaratan pencalonan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua KPUD, Kasmin Belle mengungkapkan bahwa kedatangan mereka untuk memastikan keaslian ijazah Bakal Calon Wakil Bupati Zainul yang berpasangan dengan Calon Bupati Iyos Somantri di Pilkada 2024 Kabupaten Sukabumi.

“Tadi kita sudah verifikasi ijazah ke dua lokasi sekolah SD dan SMA nya dan benar sekolahnya di situ, bisa dilihat dari buku induknya. Waktu pencalonan juga beliau kesana untuk minta legalisir ijasah di sekolah SD, ada surat keterangan dari sekolahnya dan gak mungkin bohong. Terus terkait dengan SMA nya kebetulan buku induknya ada dan ternyata beliau sekolahnya IPA dari catatannya. Ijazah yang kita bawa ternyata ada berkas copyan nya disana. Jadi kita sudah pastikan disana untuk Pak Zainul itu sah,” ungkap Belle kepada jubirtvnews, Selasa 3 September 2024.

Baca Juga : Ijazah Cawabup Sukabumi Andreas Diverifikasi, KPUD Datangi SMA Mardi Yuana Kota Depok

Selanjutnya, Kasmin Belle memaparkan alasannya mendatangi langsung SDN Tangerang 3. Beliau mengungkapkan bahwa dulunya sekolah tersebut hasil dari peleburan pada saat terjadi pemekaran Provinsi Banten dari Jawa Barat.

“Jadi tadinya kenapa kita sampai ke sekolah SD ternyata ada mergernya. Dulu ada sekolah peleburan sehingga digabungin, apalagi ada perpindahan dari Jawa Barat ke Banten dan sekarang namanya SD 3,” terangnya.

Dalam proses verifikasi, KPUD akan memeriksa secara langsung ke lapangan semua berkas yang telah diberikan Paslon pada saat penyerahan persyaratan.

“Meskipun minimal persyaratan pencalonan minimal SMA, tapi kita akan memeriksa berkas yang diberikan mereka ke kita. Nanti kami juga akan memeriksa ijasah sarjana yang mereka berikan, nanti KTP nya mereka juga akan di periksa. Verifikasi ini sangat penting untuk mengetahui kebenarannya, malahan bagi yang punya gelar Haji, akan diperiksa juga,” terang Kasmin Belle.

Baca Juga :  Tingkatkan Literasi Digital Menuju Pilkada 2024: Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAI-Nasional Laa Roiba Bogor Gelar Sekolah Kebangsaan Tular Nalar

Hasil pemeriksaan kesehatan kedua Paslon dari RS Hasan Sadikin Bandung keluar tanggal 4 September 2024 bertepatan dengan pleno KPUD terkait persyaratan pencalonan Pilkada.

“Kita menunggu semua hasilnya, kesehatan pun rencanannya besok keluar. Kalau sudah ada kita akan langsung melakukan Pleno dan mengumumkan hasilnya kemasyarakat. Mudah-mudahan bisa sesuai dengan jadwal,” sambung Belle.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *