Tarkam 2024: Disbudpora Libatkan 33 Kecamatan dan 43 Puskesmas di Kabupaten Sukabumi

Tarkam 2024
Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) tahun 2024. | Foto: Dok. Jubirtvnews

Sukabumi, jubirtvnews.com – Dinas Budaya, Pemuda, dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi mendapat kepercayaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk melaksanakan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) tahun 2024.

Kejuaraan ini bertujuan mengaktifkan kembali masyarakat dalam berolahraga setelah pandemi Covid-19. Sebanyak 33 kecamatan dan 43 puskesmas terlibat dalam kegiatan yang diharapkan dapat memulihkan semangat berolahraga di kalangan masyarakat pasca-pandemi.

Kepala Bidang Olahraga Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Erwin Adam Ridwan, menjelaskan bahwa sesuai dengan petunjuk teknis dari Kemenpora, khususnya Deputi Pembudayaan Olahraga, terdapat dua lomba wajib yaitu atletik dan senam.

“Untuk senam sendiri spesifiknya adalah senam yang bekerja sama dengan Kemenkes, yaitu Senam Sehat Bugar Kemenkes. Dan ada tiga pilihan untuk lomba tambahan yaitu bulu tangkis, tenis meja, dan voli. Di Kabupaten Sukabumi, kami hanya menyelenggarakan tenis meja dan voli, sehingga totalnya ada empat cabang olahraga yang kami laksanakan,” ungkapnya.

“Senam Kemenkes ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang hidup sehat dengan indikator utamanya adalah kebugaran masyarakat,” tambah Erwin.

Baca juga: Festival Disbudpora 2024: Sosialisasi Kinerja dan Perkenalan Budaya Tradisional di Kabupaten Sukabumi

Kegiatan yang diselenggarakan pada 25 hingga 26 Juni ini berpusat di kawasan olahraga terpadu Disbudpora dan lapangan sepak bola Badak Putih Palabuhanratu.

Ajang ini merupakan event nasional Kemenpora yang diselenggarakan oleh 100 pemerintah daerah di Indonesia. Kemenpora memilih Kabupaten Sukabumi karena memenuhi persyaratan yang dibutuhkan sebagai penyelenggara.

Tarkam ini merupakan instruksi langsung dari Presiden untuk mengajak semua lapisan masyarakat kembali aktif berolahraga. Ke depannya, Pemda diharapkan dapat mandiri dalam menyelenggarakan kejuaraan tersebut.

Baca Juga :  3.000 Jamaah Umroh Diberangkatkan Travel Nadzman Adzkia Indomuslim Setiap Tahunnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *