Festival Disbudpora 2024: Sosialisasi Kinerja dan Perkenalan Budaya Tradisional di Kabupaten Sukabumi

Festival Disbudpora 2024
Festival Disbudpora 2024 | Foto: Dok. Jubirtvnews

Sukabumi, jubirtvnews.com – Dinas Budaya, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sukabumi menggelar Festival Disbudpora 2024 sebagai ajang sosialisasi kinerja di setiap bidangnya,

Festival yang diselenggarakan di kawasan olahraga terpadu Disbudpora Palabuhanratu ini menampilkan berbagai kreasi budaya dan olahraga tradisional, yang melibatkan masyarakat dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bidang Olahraga Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Erwin Adam Ridwan, menjelaskan bahwa festival ini mencakup beberapa kegiatan dari berbagai bidangnya.

“Di Festival Budpora ini, ada beberapa event yang melibatkan setiap bidang yang ada di Disbudpora. Contohnya, bidang kebudayaan menampilkan gebyar kebudayaannya. Di bidang kepemudaan, mereka menampilkan Wiraswasta muda atau Pemuda Interplaner yang kita tampilkan di bazar tadi,” ungkapnya pada Rabu, (26/06/2024).

Disbudpora Kabupaten Sukabumi
Kepala Bidang Olahraga Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Erwin Adam Ridwan. | Foto: Dok. Jubirtvnews

 

Erwin mengungkapkan alasan memperlombakan olahraga tradisional, selain untuk memperkenalkan budaya masyarakat, olahraga tersebut akan ditandingkan di tingkat Provinsi dalam ajang Pekan Olahraga Pemerintah Daerah (PORPEMDA).

Baca juga: Festival Disbudpora 2024: Tampilan Budaya hingga Olahraga Tradisional diikuti para OPD Kabupaten Sukabumi

“Untuk olahraga tradisional, berbagai cabang olahraga seperti Sumpitan, Enggerang, dan Tarumpah Panjang yang dipertandingkan mulai Kamis pagi,” jelasnya.

“Kami memilih cabang olahraga ini karena di tingkat provinsi untuk PORPEMDA KSN, cabang olahraga tersebut merupakan salah satu yang dipertandingkan,” tambahnya.

Disbudpora berharap Festival ini dapat digelar setiap tahunnya. Selain menjadi ajang sosialisasi kinerja, acara ini juga diharapkan dapat menjadi arena untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga :  16 Pesilat PORKAB Garut Kota, Dapat Wejangan dari FORKOPIMCAM: “Jembatan Menuju Atlit Nasional”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *