Daerah  

Demi Ciptakan 7 Pesona Pariwisata, Pedagang Geyser Cipanas Cisolok Sukabumi Rela Direlokasi

Geyser Cipanas Cisolok Sukabumi
Suasana Geyser Cipanas Cisolok Sukabumi yang Dipadati Pengunjung - Foto: Istimewah

Cisolok, jubirtvnews.com – Menjelang Healthy Cities Summit 2024, Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi terus melakukan penataan kawasan objek wisata. Kali ini Camat Cisolok yang mewakili Pemda, merelokasi ratusan pedagang yang berada di kawasan wisata Geyser Cipanas Desa Wangunsari Kecamatan Cisolok.

Relokasi tersebut bukan hanya untuk menyambut even Nasional yang akan dilaksanakan pertengahan Tahun ini saja, di mana Kabupaten Sukabumi akan menjadi tuan rumahnya. Juga sebagai upaya menciptakan 7 pesona pariwisata, sehingga kedepannya dapat meningkatkan jumlah pengunjung di tempat wisata yang hanya ada 2 di dunia ini.

“Kami laksanakan, pertama dalam rangka Healthty Cities Summit yang sebentar lagi akan berlangsung, kemudian dalam rangka peningkatan layanan untuk menciptakan 7 pesona pariwisata (Aman, Besih, Indah, Tertib, Sejuk, Ramah, Kenangan) dan ini sangat dipahami oleh pedagang juga stek holder lainnya” ujar Jaenal Abidin, Camat Cisolok, Senin (3/6/2024).

Baca Juga : Butuh Bantuan! Bocah 9 Tahun Lumpuh dari Balita – Kalibunder Sukabumi

Pedagang yang sudah 3 tahun menempati kawasan wisata tersebut, akan berpindah ke lokasi yang jaraknya 200 meter dari tempat semula. Pemda akan menyiapkan berbagai fasilitas secara bertahap, untuk menunjang kebutuhan mereka.

“Kita siapkan jaringan listrik, jaringan air di tempat yang baru ini untuk kebutuhan mereka, ini tentu juga bertahap” ungkap Uje sapaan akrab Jaenal Abidin

Semua pedagang melakukan relokasi secara sukarela pada hari Senin (3/6/24), dan dibantu oleh Pemda dengan menurunkan armada angkut, juga tenaga untuk meringankan kerja mereka.

Sebelumnya, pada hari Sabtu (1/6/2024) Camat Cisolok bersama Danramil, Kapolsek, juga dengan seluruh Jajaran Desa Wangunsari, melakukan pertemuan dengan 112 orang pedagang untuk merealisasikan relokasi yang sudah di sosialisasikan dan di musyawarahkan sejak 9 bulan yang lalu.

Baca Juga :  Akhir Libur Idul Adha 1445 H Jadi Puncak Kunjungan Wisatawan di Geyser Cipanas Cisolok Sukabumi

Baca Juga : Desi Ratnasari akan Rekomendasikan Rastya jadi Cawabup Sukabumi di Pilkada 2024. Asalkan?

Mereka akan menempati kapling yang sudah disiapkan dengan ukuran 3×3 meter besarnya, mereka bebas menempati lokasi baru dengan kesepakatan yang diundi untuk pembagiannya.

“Para pedagang bersepakat ingin segera direlokasi sebagai mana yang telah dimusyawarahkan bersama, dari 112 orang itu semuannya kita kasih kesempatan memilih nomor, memilih kapling, memilih ruang secara acak,” ujar Camat Cisolok.

Muri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *